Welcome

Labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam

Select Your Favourite
Category And Start Learning.

How To Get Client Retention

Hal terpenting bagi para designer atau seseorang yang memberikan jasa kreatif ialah bagaimana mereka mendapatkan pelanggan baru. Maka dari itu, pentingnya juga untuk menjaga client yang sebelumnya. Berikut beberapa tips :

  1. First Impressions

First impression are everything. Pasti sudah sering dengar sebelumnya, faktanya ini memang benar, setelah client membayar atau mengeluarkan uang untuk suatu jasa, mereka biasanya akan mengulas kembali pengalaman pertama ketika bekerja sama.

  1. Proses dengan baik

Pastikan yang dikerjakan sesuai yang diharapkan, berkomunikasi dengan baik, aktif, kreatif, dan fokus dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi client, hingga menciptakan karya atau produk yang sesuai keinginan client hingga mereka merasakan rasa puas.

  1. Memperhatikan Feedback customer

Hal yang paling menjadi faktor signifikan ketika retaining client adalah dengan memahami apa yang mereka rasakan tentang hasil pekerjaan kamu. Ketika kamu paham apa yang mereka suka dan tidak suka, dan menemukan titik yang pas untuk membuat client puas maka kamu akan menciptakan hasil yang sempurna sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. 

Pastikan bahwa hasil kerja yang kamu ciptakan adalah apa yang mereka suka dan butuhkan. Tanyakan dengan jelas feedback dan kritik positif untuk mengembangkan dan memperbaiki karyamu. Pikirkan apa yang membuat mereka tidak suka dengan apa yang telah dihasilkan, pemilik karya yang tau maksud dari karya yang dibuat namun pelanggan yang lebih tau apa yang ingin disampaikan dan dibutuhkan dari hasil karya yang dibuat.

Selain memperbagus karya, mengembangan diri, ini juga bisa menjadi kepuasan client yang meningkatkan “your client retention”.

  1. Keep Marketing your work

Untuk mempromosikan hasil karyamu, pastikan untuk pasarkan hasil karyamu tersebut dimana-mana. Bagikan dengan circle terdekat seperti teman, keluarga, lingkungan kerja dan lain-lain terlebih dahulu. Kemudian perluas ke pasar yang membutuhkan jasa mu. Pastikan memasarkan dan dapat dengan mudah bagi client untuk terhubung dengan mu. Ini sangat penting, ketika client dengan mudah menghubungi maka ketika mereka membutuhkan mereka akan cepat mencari yang mudah dihubungi terlebih dahulu, kemudian akan mencari tau tentang mu. Persiapkan tempat dimana karya-karya mu dapat terlihat target market, sehingga bisa meninggalkan ketertarikan untuk bekerjasama dengan mu. 

Salah satu tempat yang efektif dalam menampilkan hasil karya, portfolio, dan memasarkan dan terhubung ialah pada sosial media. Pastikan hasil pekerjaanmu terus terupdate setiap saat, buat lah wadah seperti grup atau perkumpulan untuk dapat dengan mudah melihat berapa banyak yang tertarik dengan mu dan dapat terhubung seperti membuat circle kecil

  1. Konsisten

Sebagai seorang yang terjun di bidang kreatif, pastikan bahwa dirimu bisa konsisten dalam bekerja. Konsisten sangat penting, ini dapat meningkatkan kepercayaan kamu dengan client. Konsisten juga membuatmu berpengalaman tanpa henti, kamu bisa terus berkembang, memperbaiki kesalahan, belajar dari pengalaman selama kamu konsisten. 

Untuk membuatmu konsisten, pastikan untuk mulai memiliki schedule project, membuat catatan, selalu melakukan brainstorm, memperhatikan ide-ide baru, mengikuti trends dan revolusi tiap tahunnya. Konsisten dalam bekerja inilah yang membuat client apresiasi dan bertahan untuk bekerja sama pada projek-projek lainnya.

Beri komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *